DESA BEJIJONG DICANANGKAN SEBAGAI DESA CANTIK TAHUN 2024

06 Agustus 2024
Administrator
Dibaca 188 Kali
DESA BEJIJONG DICANANGKAN SEBAGAI DESA CANTIK TAHUN 2024

Pada (05/08/2024) berlokasi di Hotel Aston Mojokerto pukul 09.00 WIB mengikuti kegiatan pencanangan Desa Cinta Statistik. 

Desa Cinta Statistik atau Desa Cantik merupakan sebuah program peningkatan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data sehingga perencanaan pembangunan desa lebih tepat sasaran. 

Saat ini desa dibekali dengan berbagai sistem aplikasi pendataan seperti SDGs Desa, Prodeskel (Profil Desa dan Kelurahan), dan SIKS-NG (Sistem lnformasi Kesejahteraan Sosial Next Generation) namun kualitas dan kapasitas SDM di pemerintah desa dalam hal pengelolaan dan Literasi data desa masih relatif rendah. BPS selaku instansi pembina statistik memiliki peranan dalam peningkatan pengelolaan, pemanfaatan dan literasi data tingkat desa. Sehingga digagaslah program Desa cantik ini dengan tujuan untuk meningkatkan literasi data untuk seluruh aparat desa.

Manfaat yang diharapkan dari keberadaan program ini yaitu seluruh perangkat desa memahami mengenai proses pengumpulan data dan mampu menyajikan hasil pendataan, yang sesuai dengan kaidah statistik. Manfaat selanjutnya yaitu untuk menyediakan data yang mutakhir pada tingkat desa. Adanya data yang mutakhir akan mempermudah proses perencanaan pembangunan desa yang lebih tepat sasaran