Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN Veteran Jawa Timur Gelar Sosialisasi AMOH dan Accounting Melalui Pengajian Desa Bejijong

19 Agustus 2024
Administrator
Dibaca 51 Kali
Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN Veteran Jawa Timur Gelar Sosialisasi AMOH dan Accounting Melalui Pengajian  Desa Bejijong

Pada hari Kamis, 18 Agustus 2024, Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur Gelombang 2 di desa Bejijong telah berhasil menggelar sosialisasi “AMOH” (Anti Mosquito and Hand sanitizer) dan sosialisasi Accounting, melalui kegiatan pengajian ibu-ibu Rt 02/Rw 02 desa Bejijong. Sasaran dari kegiatan ini merupakan ibu-ibu yang ada di desa Bejijong, sebagai upaya mahasiswa dalam menerapkan ilmu dan keterampilan guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat. Adapun pelaksanaan kegiatan ini dilakukan setelah pengajian selesai. Seluruh peserta kegiatan, yaitu ibu-ibu desa Bejijong mengikuti berbagai penjelasan materi yang diberikan dengan penuh antusias dan seksama.

                Kegiatan Sosialisasi dibuka dengan perkenalan oleh masing-masing mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur. Kemudian, dilanjutkan dengan penyampaian materi sosialisasi AMOH. Dalam sesi ini, mahasiswa memberikan pemahaman kepada peserta mengenai cara pembuatan dan pengaplikasian AMOH secara efektif dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh nyamuk, salah satunya DBD. Selain itu, mahasiswa menjelaskan pula manfaat lain dari AMOH,  yang penggunaannya dapat dijadikan sebagai hand sanitizer rumahan. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan minat masyarakat, khususnya ibu-ibu dalam memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar mereka. Dengan begitu, sosialisasi ini mampu mendorong ibu-ibu dalam hal kemandirian dan kepedulian terhadap kesehatan diri dan keluarga.

                Setelah sosialisasi AMOH selesai dilaksanakan, mahasiswa memberikan sosialisasi Accounting kepada ibu-ibu pengajian desa Bejijong. Pada sesi ini, mahasiswa menjelaskan mengenai laba dan rugi dari pembuatan dan penjualan produk AMOH rumahan. Harapannya dengan pengetahuan ini, mampu membuat masyarakat desa Bejijong dapat memanfaatkan peluang usaha AMOH rumahan dan mengelola keuangan dengan lebih efisien. Terakhir, kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama dan doa.

                Adanya sosialisasi AMOH dan Accounting, para mahasiswa berharap dapat memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Bejijong, sehingga kegiatan ini dapat menjadi kontribusi yang nyata dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi desa Bejijong