3 Destinasi Wisata Bersejarah Yang Wajib Kalian Kunjungi Saat Berada di Mojokerto

17 Mei 2022
Administrator
Dibaca 1.175 Kali
3 Destinasi Wisata Bersejarah Yang Wajib Kalian Kunjungi Saat Berada di Mojokerto

Mojokerto adalah kota kecil dengan penuh sejarah didalamnya, Majapahit salah satunya. Banyak sejarah berbau Majapahit kuno yang masih berdiri tegak di bumi Mojokerto . Berikut adalah destinasi wisata bersejarah yang bisa kalian kunjungi saat berada di Mojokerto.

Di Mojokerto terdapat kampung bersejarah dengan nama Desa Wisata Bejijong. Lokasinya berada di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Didalam desa Bejijong terdapat banyak tempat wisata apik yang bisa dikunjungi. Selain berwisata, kalian juga bisa menambah wawasan mengenai sejarah berkiprahnya abad kerajaan Majapahit kuno . Berikut beberapa wisata yang terdapat di Desa Wisata Bejijong :

1.      Rumah Majapahit

Rumah Majapahit adalah rumah warga desa Bejijong yang dibangun sedemikian rupa seperti bangunan kerajaan Majapahit kuno. Pembangunan ini dilakukan pada masa pemerintahan Dr. H. Soekarwo, SH, H. Hum atau Pakde Karwo. Pembangunan rumah dengan arsitektur kerajaan Majapahit bukanlah tanpa tujuan, melainkan untuk membangkitkan nuansa Majapahit yang penuh dengan sejarah. Beberapa warga juga memanfaatkan Rumah Majapahit ini menjadi Homestay dengan fasilitas yang bagus. Dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp 100.000 per-malam  hingga harga yang  lebih tinggi sesuai dengan fasilitas yang di inginkan oleh wisatawan.

2.      Candi Brahu

Candi Brahu terletak di Dusun Bejijong , Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Candi ini merupakan candi yang dibangun dengan gaya dan kultur Budha. Diperkirakan, candi ini didirikan pada abad ke-15 Masehi . sekeliling candi Brahu juga terdapat gazebo, taman bunga dan rerumputan yang rindang, sehingga bagus dan cocok untuk menjadi spot foto kalian.

Tiket masuk : Rp 3.000,00

Jam operasional : 08.00 – 16.00

3.      Maha Vihara Majapahit / Patung Budha Tidur

Patung Budha Tidur berlokasi di Jl. Raya Trowulan, Dusun Kedungwulan, Bejijong, Kec. Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61362 . Patung Budha Tidur ini memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter dan tinggi 4,5 meter. Didalam tempat tersebut terdapat tempat perbadatan bagi kaum Hindu-Budha . selain itu juga terdapat kolam ikan dan bunga teratai menghiasi bagian bawah patung tersebut. Fasilitas yang bisa kalian dapatkan saat berkunjung kesana adalah tempat ibadah umat Budha, melihat miniatur berbagai candi, banyak terdapat patung Budha, taman yang luas, toilet, tempat parkir, musholla, tempat makan, dan tempat oleh-oleh khas Patung Budha Tidur .

Tiket masuk :

  • anak –anak             : Rp 3.000,00
  • dewasa                   : Rp 5.000,00

Jam operasional : 07.30 – 17.00

Selain tiga tempat diatas, masih banyak lagi destinasi wisata bersejarah yang bisa kalian kunjungi di Mojokerto , terutama di Desa Wisata Bejijong.  Makam Siti Iggil, wisata edukasi seperi membatik, cor kuningan dll.